Kamis, 17 September 2015

Makalah Bentuk-Bentuk Psikoterapi Islam



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Islam adalah agama yang sangat agung, yang memberikan suatu pencerahan kepada manusia dalam berbagai aspek yang terkait dengan alam semesta, manusia dan kehidupannya, dzat yang ada sebelum dan sesudah adanya kehidupan dunia. Dengan kata lain islam adalah sebuah ideologi (tidak sekedar agama yang menjalankan ritual), namun islam mampu menjawab setiap problematika umat manusia.
Sejak ribuan tahun lalu, konsep manusia banyak dirumuskan dan diperbincangkan oleh para ahli mulai dari filusuf, ilmuan dan agamawan. Hal ini memicu adanya berbagai disiplin ilmu yang mendefinisikan konsep manusia,salah satu didalamnya adalah psikologi. Di dalam fungsi  ilmu psikologi salah satu pengaplikasiannya terdapat yang dinamakan dengan psikoterapi.
Psikoterapi adalah pengobatan alam pikiran, tepatnya pengobatan atau perawatan gangguan psikis melalui metode psikologis. Tujuan dari psikoterapi ini untuk membantu individu dalam mengatasi gangguan emosionalnya dengan cara memodifikasi perilaku, pikiran dan emosi, sehingga individu tersebut mampu mengembangkan dirinya dalam mengatasi masalah psikisnya.
            Dalam islam, psikoterapi adalah sebagai proses penyembuhan, pencegahan, pemeliharaan maupun pengembangan jiwa yang sehat dengan melalui bimbingan Al-Quran dan As-Sunnah Nabi Muhammad SAW. Tujuan dari psikoterapi islam sendiri untuk menyehatkan hidup baik jasmani maupun rohani, dan memiliki jiwa sehat dalam perspektif yang lengkap dan komprehensif.
            Psikoterapi islam sangat menekankan pada usaha peningkatan diri, seperti membersihkan kalbu, menguasai pengaruh dorongan primitive, meningkatkan derajat nafs, menumbuhkan akhlakul karimah dan meningkatkan potensi untuk menjalankan amanah sebagi hamba Allah dan Khalifah di muka bumi (Mapire 1996,dalam Subandi 2000). Psikoterapi islam bertujuan untuk mengembalikan pribadi seseorang kepada fitrahnya yang suci atau kembali ke jalan yang lurus.




BAB II
PEMBAHASAN


1.      Pengertian Psikoterapi
Psikoterapy berasal dari kata psycho yang artinya jiwa, dan therapy yaitu penyembuhan. Jadi psikoterapi sama dengan penyembuhan jiwa. Psikoterapi (psychotherapy) adalah pengobatan alam pikiran, atau lebih tepatnya, pengobatan dan perawatan gangguan psikis melalui metode psikologis. Istilah ini mencakup berbagai teknik yang bertujuan untuk membantu individu dalam mengatasi gangguan emosionalnya dengan cara memodifikasi perilaku, pikiran dan emosinya, sehingga individu tersebut mampu mengembangkan dirinya dalam mengatasi masalah psikisnya.
Menurut Carl Gustav Jung psikoterapi telah melampaui asal usul medisnya dan tidak lagi merupakan suatu metode perawatan sakit.Sekarang ini psikoterapi digunakan untuk orang yang sehat atau pada mereka yang mempunyai hak atas kesehatan psikis yang penderitaannya menyiksa kita semua. Berdasarkan pendapat Jung ini bangunan psikoterapi selain diguakan untuk fungsi kuratif (penyembuhan), juga berfungsi preventif (pencegahan) dan konstruktif (pemeliharaan dan pengembangan jiwa yang sehat). Ketiga fungsi tersebut mengisyaratkan bahwa usaha-usaha untuk berkonsultasi kepada psikiater tidak hanya ketika psikis seseorang dalam kondisi sakit.Alangkah lebih baik jika dilakukan sebelum datangnya gejala atau penyakit mental, karena hal itu dapat membangun kepribadian yang sempurna.
Dalam konsep islam psikoterapi diartikan sebagai proses perawatan atau penyembuhan penyakit kejiwaan melalui tekhnik dan metode psikologi islami. M. Hamdani Bakhran Adz-Dzaky berpendapat bahwa psikoterapi islam adalah proses pengobatan dan penyembuhan dengan melalui bimbingan Al-Quran dan As-Sunnah Nabi Muhammad SAW, atau secara empirik adalah melalui bimbingan dan pengarahan Allah, malaikat-malaikat-Nya, Rasul-Nya.
H. Fuad Anshory juga berpendapat psikoterapi islam adalah upaya penyembuhan jiwa (nafs) manusia secara rohaniah yang didasarkan pada tuntutan Al-Quran dan Hadist, dengan metode analisis esensial, empiris serta ma’rifat terhadap segala yang tampak pada manusia. Psikoterapi islam juga dapat diartikan sebagai upaya mengatasi beberapa problem kejiwaan yang didasarkan pada pandangan agama islam. Psikoterapi islam bahwa keimanan dan kedekatan terhadap Allah akan menjadi kekuatan yang sangat berarti bagi kebaikan problem kejiwaan manusia. Psikoterapi Islam tidak semata-mata membebaskan orang-orang dari penyakit, tetapi juga perbaikan kualitas kejiwaan seseorang.

2.      Bentuk Psikoterapi Berwawasan Islam

Menurut Muhammad Mahmud seorang psikolog muslim ternama, membagi psikoterapi islam dalam dua katergori. Pertama bersifat duniawi, yaitu berupa pendekatan dan tekhnik-tekhnik pengobatan psikis setelah memahami psikopatologi dalam kehidupan nyata. Psikoterapi duniawi merupakan hasil daya upaya manusia berupa tekhnik-tekhnik terapi atau pengobatan kejiwaan yang didasarkan atas kaidah-kaidah insaniyah. Kedua bersifat ukhrawi, berupa bimbingan mengenai nilai-nilai moral, spiritual dan agama, dan kedua modal psikoterapi ini satu sama lain saling terkait.

3.      Tekhnik-Tekhnik Psikoterapi Islam

Tekhnik-tekhnik psikoterapi dalam islam yang dapat menyembuhkan semua aspek psikopatologi baik yang bersifat duniawi, ukhrawi maupun penyakit manusia modern adalah sebagaimana ungakapan dari Ali bin Abi Thalib obat hati yang lima macam, dijelaskan sebagai berikut :
1.      Membaca Al-Quran dan memahami makna dari setiap ayat
Dalam agama islam, Al-Quran merupakan suatu terapi yang pertama dan paling utama. Hal ini dikarenakan didalam Al-Quran terdapat rahasia mengenai bagaimana menyembuhkan penyakit jiwa manusia. tingkat kemujarabannya tergantung kepada seberapa jauh tingkat sugesti keimanan seseorang. Sugesti yang dimaksudkan dadapt diraih dengan mendengar, membaca, memahami dan merenungkan, serta melaksanakan isi kandungannya.
خَساراًإلاَّالظالِمِيْنَيَزيْدُوَللْمُؤْمِنِيْنَ،وَرَحْمَةٌشفَاءٌهُوَمَاالقرآنِمِنَ وننَزِّلُ
Artinya:
“Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al Isra’: 82) 
 
Al-Qurthubi dalam tafsirnya menyebutkan bahwa ada dua pendapat dalam memahami term syifa’ dalam ayat tersebut. Pertama, terapi bagi jiwa yang dapat menghilangkan kebodohan dan keraguan, membuka jiwa yang tertutup, serta dapat menyembuhkan jjwa yang sakit; kedua, terapi yang dapat menyembuhkan penyakit fisik, baik dalam bentuk azimat maupun tangkal.Sementara Al-Thabathaba’I mengemukakan bahwa syifa’ dalam Al-Qur’an memiliki makna “terapi ruhaniah” yang dapat menyembuhkan penyakit batin.Al-Thabathaba’I jiga mengemukakan bahwa Al-Quran juga dapat menyembuhkan penyakit jasmani, baik melalui bacaan atau tulisan.




2.      Sholat Malam (Qiyamul Lail)
Melukan sholat malam (Qiyamul Lail) memiliki keampuhan yang sangan berkaitan dengan sholat wajib, sebab kedudukan terapi shalat sunnah hanya menjadi suplemen bagi terapi sholat wajib. Adapun hikmah dari pelaksanaan sholat malam (shalat tahajud) adalah sebagai berikut :
a.       Mendapatkan kedudukan terpuji dihadapan Allah (Qs. Al-Israa : 79)
b.      Memiliki kepribadian orang-orang shalih yang dekat dengan Allah SWT, terhapus dosanya dan terhindar dari perbuatan munkar.
c.       Jiwanya selalu hidup sehingga mudah mendapatkan ilmu dan ketentraman dan dijadikan kenikmatan syurga.
d.      Doanya makbul, mendapat ampunan Allah SWT dan dilapngkan rizkinya.
e.       Ungkapan rasa syuku kepada Allah SWT.

3.      Berkumpul dengan orang-orang shalih
Orang shalih adalah orang yang mampu mengintegrasikan dirinya dan mampu mengaktualisasikan potensi dirinya semaksimal mungkin dalam berbagai dimensi kehidupan. Jika seseorang dapat bergaul dengan orang shalih maka nasihat-nasihat dari orang sholeh tersebut akan dapat memberikan terapi atau penyakit mental seseorang. Dalam terminology tasawuf hal ini tergambar pada seseorang guru sufi atau mursyid yang memiliki ketajaman batin terhadap kondisi penyakit muridnya.
4.      Berpuasa
Puasa disini adalah menahan diri dari segala perbuatan yang dapat merusak citra fitrah manusia. Al-Ghazali mengemukakan bahwa hikmah berpuasa (menahan rasa lapar) adalah sebagai berikut:
a.       Menjerbihkan kalbu dan mempertajam pandangan akal
b.      Melembutkan kalbu sehingga mampu merasakan kenikmatan batin
c.       Menjauhkan perilaku yang hina dan sombong, yang perilaku ini sering mengakibatkan kelupaan
d.      Mengingatkan jiwa manusia akan cobaan dan azab Allah, sehingga sangat hati-hati didalam memilah makanan
e.       Memperlemah syahwat dan tertahannya nafsu amarah yang buruk
f.       Mengurangi tidur untuk diisi dengan berbagai aktivitas ibadah
g.      Mempermudah untuk selalu tekun beribadah
h.      Menyehatkan badan dan jiwa
i.        Menumbuhkan kepedulian sosial
j.        Menumbuhkan rasa empati
5.      Berdzikir (mengingat Allah SWT)
Dalam arti sempit dzikir berarti menyebutkan asma-asma agung dalam berbagai kesempatan. Sedangkan dalam arti yang luas, dzikir mencakup pengertian mengingat segala keagungan dan kasih sayang Allah SWT yang telah diberikan kepada kita, sambil mentaati segala perintahnya dan menjauhi larangannya. Dzikir dapat mengembalikan kesadaran seseorang untuk mengingat, menyebut dan mereduksi kembali hal-hal yang tersembunyi dalam hatinya. Dzikir juga mampu mengingatkan seseorang bahwa yang membuat dan menyembuhkan penyakit hanyalah Allah SWT semata, sehingga dzikir mampu memberi sugesti penyembuhan. Melakukan dzikir sama nilainya dengan terapi relaksasi. Dua makna yang terkandung dalam lafal zikir menurut At-Thabathabai:
a.       Kegiatan psikologis yang memungkinkan seseorang memelihara makna sesuatu yang diyakini berdasarkan pengetahuannya atau ia berusaha hadir padanya (istikdhar)
b.      Hadirnya sesuatu pada hati dan ucapan seseorang.


 (Qs. Ar-Ra’d:28)
Daftar pustaka

M. Hamdani Bakran Adz-Djaky, konseling dan psikoterapi islam (penerapan metode sufistik), (fajar pustaka baru, Yogyakarta 2002). Fuad Anshori, aplikasi psikologi islam, (fakultas psikologi, Yogyakarta 2000).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial Lengkap Agar disetujui Daftar Google Adsense

Sejak membuat BLOGOOBLOK, ratusan sudah postingan yang saya buat. Tidak sedikit diantaranya membahas  Google Adsense . Ini menandakan...