Kamis, 17 September 2015

Laporan Kontruksi Alat Ukur tes prestasi matpel penjaskes SMP kelas 8



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, Segala puji bagi Allah SWT atas segala nikmat dan karunia-Nya yang senantiasa memberikan petunjuk, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini pada waktunya.
Shalawat serta salam senantiasa dikirimkan kepada nabi kita Muhammad SAW beserta keluarganya dan para sahabatnya dan kepada kita sekalian umat-Nya yang senantiasa mengikuti ajaranya.
Laporan ini disusun dengan maksud untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Kontruksi Alat Ukur, dalam laporan ini menjelaskan hasil analisis item dari hasil try out mata pelajaran penjaskes yang dilakukan di SMPN 50 Bandung, bagaimana suatu item dapat dinyatakan baik, jika memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi.
Laporan ini tidak lepas dari dorongan, arahan serta bimbingan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu.
Semoga laporan ini dapat membawa manfaat bagi diri pribadi maupun seluruh pembaca sekalian. Penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laporan ini.

Wassalam.
Bandung, 12 Mei 2015


Penulis


DAFTAR ISI
1.         Kata Pengantar ……………………………….………..............………………. 1
2.         Daftar isi ………………………………………………………….........……… 2
3.         Tujuan ………….………………….……………………………….......……… 3
4.         Standar Kompetensi …..................…………………….………………………..3
5.         Blue print …………………………………….......…………………………......4
6.         Prosedur skoring ……………………………………………..................……..15
7.         Hasil try out ……………………………………………………….............…..17
8.         Pembahasan ……………………………………………………...............……23
9.         Kesimpulan ..………………………………………......................................24
10.     Daftar pustaka ………………………………………………................………27
11.     Lampiran
a.       Materi yang diujikan
b.      Soal tes satu berkas
c.       Lembar Jawaban yang diisi oleh responden
d.      Tabulasi data hasil try out : Jawaban asli (a, b, c) beserta kunci jawaban tiap item dengan format Microsoft Exel
e.       Jawaban yang sudah diberi nilai (1 untuk jawaban benar dan 0 untuk jawaban salah)
f.       Seluruh berkas bimbingan pembuatan Blue Print dan pembuatan item
g.      Print Out hasil uji analisis item (tingkat kesulitan, daya beda, dan daya kecoh), validitas, dan reliabilitas dengan menggunakan ANATES
h.      Surat keterangan dari sekolah







A.      TUJUAN
Tujuan dari try out ini adalah:
1.      Berkaitan dengan kemampuan membuat tes prestasi
2.      Dan untuk memenuhi tugas akhir semester pada mata kuliah Konstruksi Alat Ukur.

B.       STANDAR KOMPETENSI
Soal tes penjaskes ini disusun berdasarkan 3 bab yang dipelajari, yaitu, Lompat jauh dan teknik tendangan pencak silat, Latihan kecepatan dan kelincahan, dan Rangkaian guling depan, guling lenting dan guling meroda.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar pada masing-masing bab, yaitu:
1.      Lompat jauh dan teknik tendangan pencak silat
SK : Mempraktikan berbagai teknik dasar permanainan dan olah raga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KD : 1. Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar lanjutan atletik dengan koordinasi yang baik serta nilai percaya diri, keberanian menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
2. Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan OR beladiri lanjutan kordinasi yang baik, serta nilai keberanian, kejujuran menghormati lawan, dan percaya diri.

2.      Latihan kecepatan dan kelincahan
SK : Mempraktikan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkut dan nilai-   nilai yang terkandung didalamnya.
KD : 1.  Mempraktikan latihan kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian atas, serta nilai disiplin dan tanggung jawab.
2.  Mempraktikan latihan kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian bawah, serta nilai disiplin dan tanggung jawab.

3.       Rangkaian guling depan, guling lenting dan guling meroda.
SK :  Mempraktikan teknik dasr senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
KD : 1.  mempraktikan teknik dasar gerak meroda, guling depan dan guling lenting serta nilai kedipsiplinan, keberanian dan tanggung jawab.


C.      BLUE PRINT
NO
Standar kompetensi dan kompetensi dasar
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Indikator
Jenis Soal
No Soal
%

1
Standar kompetensi: mempraktikan berbagai teknik dasar permanainan dan olah raga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
lompat jauh dan teknik tendangan pencak silat
lompat jauh gaya menggantung
Membedakan gerakan lompat jauh pada saat melakukan awalan dengan tolakan
PG
1
40%


Menyebeutkan gerakan lompat jauh pada saat melakukan awalan
PG
2

Mengurutkan gerakan lompat jauh dengan benar
PG
3

kompetensi dasar: mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar lanjutan atletik dengan koordinasi yang baik serta nilai percaya diri, keberanian menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Mencirikan gerakan tubuh pada saat diudara
PG
4

Mengetahui gerakan pendaratan dengan benar
PG
5

Mengkategorikan gerakan sikap badan diudara dengan gerakan pendaratan
PG
6


Mendeskripsikan teknik dasar lompat jauh gaya menggantung pada saat awalan
Essay
1


Kompetensi dasar: mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan OR beladiri lanjutan kordinasi yang baik, serta nilai keberanian, kejujuran menghormati lawan, dan percaya diri.
Teknik tendangan
Menentukan variasi koordinasi gerak langkah kuda-kuda, pukulan dan tangkisan
PG
7


Memasangkan cara melakukan tendang gajul
PG
8

Mengidentifikasi teknik tendangan
PG
9

Mengemukakan cara melakukan tendangan belakang
PG
10

Menandai cara melakukan tendangan sabit
PG
11

Memahami teknik berpasangan
PG
12

Menjelaskan cara tendangan lurus
Essay
2

2
Standar kompetensi: mempraktikan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkut dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Latihan kecepatan dan kelincahan
Melatih tubuh bagian atas
Membedakan bentuk latihan kecepatan dan kelincahan tubuh bagian atas
PG
13
40%


Memilih bentuk latihan kelincahan lengan
PG
14

Menyebutkan bentuk latihan kecepatan lengan
PG
15


Mengetahui cara melakukan tubuh bagian atas
PG
16


Mengidentifikan bentuk latihan tubuh bagian atas
PG
17

Kompetensi dasar: mempraktikan latihan kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian atas, serta nilai disiplin dan tanggung jawab.

Mencirikan bentuk latihan kecepatan lengan
PG
18


Menguraikan cara Melakukan kecepatan dan kelincahan
Essay
3




Kompetensi dasar: mempraktikan latihan kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian bawah, serta nilai disiplin dan tanggung jawab.
Melatih tubuh bagian bawah
Mengemukakan cara melakukan latihan tubuh bagian bawah
PG
19


Menandai bentk latihan otot paha dan otot kaki
PG
20


Menunjukan bentuk latihan kelinvahan dan kecepatan otot paha dan kaki
PG
21


Menjabarkan bentuk latihan tubuh bagian bawah
Essay
4


Menentukan bentuk latihan tubuh bagian bawah
PG
22


Memahami bentuk latihan tubuh bagian bawah
PG
23


Memasangkan bentuk latihan tubuh bagian bawah
PG
24


3
Standar Kompetensi: mempraktikan teknik dasr senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Rangkaian senam lantai
Rangkaian guling depan, guling lenting dan guling meroda
Menyebutkan rangkain guling meroda dan guling depan
PG
25
20%


Membedakan rangkaian guling meroda dan guling depan dengan guling depan dan guling lenting
PG
26



Mengidentifikasi rangkaian teknik dasar gerak guling lenting
PG
27

Kompetensi Dasar: mempraktikan teknik dasar gerak meroda, guling depan dan guling lenting serta nilai kedipsiplinan, keberanian dan tanggung jawab.

Memilih rangkaian guling depan
PG
28

Memasangkan guling meroda dan guling depan
PG
29


Menentukan rangkaian guling depan dan guling lenting
PG
30


Menerangkan rangkaian senam lantai gerak meroda dan guling depan
Essay
5



D.      SOAL TES

Identitas soal yakni mata pelajaran penjaskes kelas VIII yang terdiri dari 30 PG dan 5 Essay. Terdapat empat alternatif jawaban yang bergerak dari a-d, untuk soal PG, responden diminta untuk memberi tanda silang (X) pada salah satu alternatif jawaban yang paling benar sedangkan untuk Essay renponden diminta untuk menuliskan jawaban yang benar dibagian bawah lembar yang kosong. Dibawah ini terdapat soal tes kunci dan kunci dan lembar jawabannya:



Nama Siswa/i                          :
Jenis Sekolah/kelas                  : SMP Negeri 50 Bandung/VIII
Pelajaran                                  : Penjaskes
Jumlah dan Jenis Soal             : 30 PG & 5 Essay
Waktu Pengerjaan                   : 60 menit

Pilihan Ganda
1.        Awalan dilakukan dengan berlari secepat-cepatnya, sedangkan tolakan dilakukan dengan ....
a.         kaki kanan                                                     c.     kaki terkuat
b.        kaki kiri                                                         d.     kedua kaki

2.        Posisi badan menjelang papan tolakan pada teknik awalan dalam lompat jauh gaya menggantung adalah ....
a.         badan agak dibungkukan                              c.     badan diarahkan ke samping
b.        badan diarahkan kedepan                             d.     badan semakin ditegakkan

3.        Urutan gerakan tolakan lompat jauh gaya menggantung yang benar adalah ....
a.         berlari secepat-cepatnya, mengangkat titik berat badan setinggi-tingginya lalu kemudian saat tinggal landas antara 18-22 derajat
b.        melakukan dengan kaki terkuat, kemudian mengangkat titik berat badan setinggi-tingginya. Sudut saat tinggal landas antara 18-22 derajat
c.         sudut saat tinggal landas 18-22 derajat kemudian mengangkat titik berat badan setinggi-tingginya
d.        tubuh bagian atas dilentingkan setinggi-tingginya, sudut saat tinggal landas 18-22 derajat kemudian mengangkat titik berat badan setinggi-tingginya

4.        Ciri-ciri sikap tubuh yang benar pada saat diudara dalam lompat jauh gaya menggantung adalah ....
a.         tubuh bagian atas dilentingkan kebelakang dan kedua tangan lurus ke atas
b.        tubuh bagian atas dibungkukan dan kedua tangan lurus ke atas
c.         tubuh bagian atas dilentingkan kebelakang dan kedua tangan diarahkan kebelakang
d.        tubuh bagian atas dibungkukan dan kedua tangan diarahkan kebelakang

5.        Teknik mendarat yang benar dalam lompat jauh gaya menggantung adalah ....
a.         berat badan berada pada titik berat pendaratan
b.        kedua lengan diputar kebelakang
c.         pendaratan dilakukan dengan menjulurkan kedua kaki kedepan
d.        pendaratan dilakukan dengan menjulurkan salah satu kaki kedepan

6.        Teknik saat berada di udara tubuh bagian atas dilentingkan kebelakang dan pendaratan menggunakan kedua kaki dapat dikategorikan dalam teknik lompat jauh gaya ....
a.         Berjalan diudara                                           c.    melenting
b.        jongkok                                                         d.    menggantung

7.        Variasi kombinasi gerak langkah kuda-kuda, pukulan dan tangkisan adalah teknik ....
a.         gerak langka                                                  c.    sikap pasang tertutup
b.        sikap pasang terbuka                                     d.    tendangan

8.        Cara melakukan teknik tendangan gajul dengan benar adalah ....
a.         angkat lutut kedepan sehingga membentuk sudut 90 derajat dan putar panggul dan luruskan lutut, telapak kaki menghadap ke samping.
b.        angkat lutut kedepan sehingga membentuk sudut 90 derajat dan lakukan tendangan lurus yaitu dengan meluruskan lutut kedepan
c.         angkat lutut kedepan sehingga membentuk sudut 90 derajat dan putar panggul dan luruskan lutut
d.        sikap awal kuda-kuda depan dan langkahkan kaki belakang kedepan, kemudian putar badan 180 derajat

9.        Teknik tendangan dengan gerakan memutar badan hingga 180 derajat adalah ....
a.         teknik tendangan belakang                           c.    teknik tendangan sabit
b.        teknik tendangan gajul                                 d.    teknik tendangan T

10.    Langkahkan kaki kebelakang, kemudian putar badan 180 derajat. Bungkukkan badan sambil menumpukan kedua tangan di lantai selebar bahu. Tendangkan kaki poros ke belakang dengan bagian tumit. Telapak kaki menghadap kedepan dan jari-jari kebawah.
Penjelasan tersebut merupakan teknik ....
c.         teknik tendangan belakang                           c.    teknik tendangan sabit
d.        teknik tendangan gajul                                 d.    teknik tendangan T

11.    Salah satu langkah melakukan teknik tendangan sabit ialah ....
a.       bungkukan badan sambil menumpukan kedua tangan dilantai selebar bahu
b.      lakukan tendangan lurus, yaitu dengan meluruskan lutut ke depan
c.       putar panggul dan luruskan lutut
d.      putar panggul dan luruskan lutut, telapak kaki menghadap kesamping

12.    Teknik berpasangan adalah teknik ....
a.         yang dilakukan 2 orang                                c.    yang dilakukan 4 orang
b.        yang dilakukan 3 orang                                d.    yang dilakukan 5 orang

13.    Yang membedakan bentuk latihan kelincahan dengan kecepatan dalam melatih tubuh bagian atas adalah ....
a.         menggunakan batas waktu
b.        menggunakan media atau alat
c.         membutuhkan usaha keras
d.        semampu yang dilakukan

14.    Bentuk latihan yang bertujuan untuk melatih kecepatan lengan dalam melatih tubuh bagian atas adalah ....
a.         lempar tangkap bola tenis
b.        mengambil dan melempar
c.         melempar dan mengambil bola di depan badan
d.        menyusun puzzle

15.    Bentuk latihan yang bertujuan untuk melatih kelincahan lengan dalam melatih tubuh bagian atas adalah ....
a.         berjalan pada rekstok                                    c.    lempar tangkap bola tenis
b.        gerobak bandel                                             d.    menyusun puzzle

16.    Peganglah bola berukuran kecil, lekukan lempar tangkap bola dengan tanganmu secara bergantian di depan badan.
Penjelasan tersebut merupakan cara melakukan latihan ....
a.         kecepatan otot kaki                                       c.    tubuh bagian atas dan bawah
b.        tubuh bagian atas                                          d.    tubuh bagian bawah

17.    Salah satu bentuk latihan tubuh bagian atas adalah ....
a.         lari boomerang                                              c.    lari 50 meter
b.        lari 2,4 kilometer                                           d.    mengambil dan melempar

18.    Ciri-ciri bentuk latihan kelincahan lengan adalah ...
a.         cendrung menggunakan batas waktu
b.        menggunakan bola sebagai media
c.         menggunakan lengan sebagai tumpuan
d.        mengunakan lengan untuk menggantung

19.    Buatlah dua patok, antarapatok berjarak 10 meter. Pelari berdiri di salah satu patok sebagai garis start. Setelah mendengar aba-aba mulai, segera belari. Lakukan sebanyak 6 kali. Setiap patok harus merubah secepat mungkin. Lari antar patok membentuk angka 8.
Penjelasan tersebut merupakan cara melakukan latihan ....
a.         kecepatan lengan                                          c.    tubuh bagian atas dan bawah
b.        tubuh bagian atas                                          d.    tubuh bagian bawah

20.    Dibawah ini merupakan bentuk latihan kelincahan otot paha dan kaki dalam melatih tubuh bagian bawah, kecuali ....
a.         lari boomerang                                              c.    lari 50 meter
b.        lari 2,4 kilometer                                           d.    shuttle run

21.    Bentuk latihan untuk melatih kecepatan dan kelincahan otot paha dan kaki dalam melatih tubuh bagian bawah adalah ....
a.         lari boomerang                                              c.    lari 50 meter
b.        lari 2,4 kilometer                                           d.    shuttle run

22.    Salah satu bentuk latihan untuk melatih tubuh bagian bawah adalah ...
a.         Pusp up                                                         c.    shuttle run
b.        Sit up                                                            d.    sprint

23.    Bentuk latihan tubuh bagian bawah untuk melatih daya tahan jantung dan paru-paru adalah ....
a.         lari boomerang                                              c.    lari 50 meter
b.        lari 2,4 kilometer                                           d.    shuttle run

24.    Bentuk latihan untuk melatih tubuh bagian bawah adalah ....
a.         gerobak bandel dan lari 2,4 kilometer
b.        gerobak bandel dan lari 50 meter
c.         lari boomerang dan lari 50 meter
d.        lari boomerang dan berjalan pada rekstok

25.    Gerak akhir rangkaian guling meronda dan guling depan adalah ....
a.         sikap akhir beridiri seperti awal                    c.    sikap akhir membungkuk
b.        sikap akhir jongkok                                       d.    tubuh dilentingkan ke belakang

26.    Perbedaan antara rangkaian guling meroda dan guling depan dengan guling depan dan guling melenting dalam senam lantai adalah ....
a.         ketika memulai mengguling ke arah samping
b.        menggunakan kaki sebagai tumpuan
c.         menggunakan tangan sebagai tumpuan
d.        terdapat rangkaian mengguling ke depan

27.    Lakukan pendaratan dengan kedua kaki rapat dan pinggul didorong ke depan, kemudian diikuti dengan gerakan badan mengikuti arah rotasi gerakan.
Penjelasan diatas merupakan teknik dasar rangkaian akhir senam lantai guling ....
a.         depan                                                            c.    meroda
b.        lenting                                                           d.    meroda dan depan

28.    Sikap awal dimulai dengan jongkok, kedua lengan lurus ke depan, kemudian simpan kedua telapak tangan di atas matras selebar bahu dan dagu kenakan ke dada.
Penjelas diatas merupakan salah satu rangkaian senam lantai guling ...
a.         depan                                                            c.    meroda
b.        lenting                                                           d.    meroda dan depan

29.    Luruskan kedua lengan keatas, telapak tangan menghadap kedepan dan kaki kiri didepan dan tolakkan kaki kiri, kemudian lakukan gerakan meroda dengan teknik yang benar.
Penjelasan diatas merupakan rangkaian senam lantai guling ....
a.         depan                                                            c.    meroda
b.        depan dan lenting                                         d.    meroda dan depan

30.    Gerak akhir rangkaian guling depan dan guling lenting adalah ....
a.         sikap akhir beridiri                                        c.    sikap akhir membungkuk
b.        sikap akhir jongkok                                       d.    tubuh dilentingkan ke belakang


Essay
1.        Deskripsikan teknik dasar lompat jauh gaya menggantung pada saat melakukan awalan!
2.        Jelaskan cara melakukan teknik tendangan lurus dalam pencak silat!
3.        Uraikan cara meningkatkan kecepatan dan kelincahan tubuh bagian atas!
4.        Jabarkan bentuk latihan tubuh bagian bawah!
5.        Terangkan rangkaian senam lantai gerak meroda dan guling depan!

Kunci jawaban PG:
1.      C                                             11.   D                                     21.   D
2.      D                                             12.   A                                     22.   C
3.      B                                             13.   A                                     23.   B
4.      A                                             14.   A                                     24.   C
5.      C                                             15.   D                                     25.   A
6.      D                                             16.   B                                     26.   A
7.      D                                             17.   D                                     27.   B
8.      B                                             18.   A                                     28.   A
9.      A                                             19.   D                                     29.   D
10.  A                                             20.   B                                     30.   A
Lembar jawaban Essay:
1.      Dilakukan dengan berlari secepat-cepatnya, kecepatan tidak berubah sampai menjelang papan tolakan. Menjelang papan tolakan, badan semakin ditegakkan, langkah kedua terakhir diperlebar untuk mendapat tolakan yang lebih besar.
2.      – sikap awal kuda-kuda depan
– angkat lulut ke depan, sehingga membentuk sudut 90 derajat
– lakukan tendangan lurus, yaitu dengan meluruskan lutut kedepan
– telapak kaki menghadap kedepan, ujung kaki keatas
– kedua tangan berfungsi sebagai penyeimbang
3.      Lempar tangkap bola tenis, berjalan pada rekstok, gerobak bandel, mengambil dan melempar, menyusun puzzle dan melempar dan menangkap bola didepan badan
4.      Lari boomerang, shuttle run, lari 50 meter dan lari 2,4 meter.
5.      – sikap awal berdiri menacungkan tangan ke atas sebagai salam hormat
– luruskan kedua tangan keatas telapak tangan
– tolakan kaki kiri, kemudian lakukan gerak meroda dengan benar
– setelah melakukan pendaratan dengan menyamping, ubah arah menghadap gerakan
– sikap tubuh berdiri, kemudian letakan kedua tangan diatas matras selebar bahu
– letakkan tengkuk diatas matras dengan agak menengkuk kedua lutut, kemudian lakukukan guling depan dengan teknik yang benar
– berdiri kembali kesikap awal.
E.       PROSEDUR SKORING
Dalam prosedur skoring atau pemberian nilai untuk setiap item terdapat dua prosedur, yakni skoring untuk PG dan Essay berbeda. pemberian nilainya sebagai berikut :

Jawaban
PG
Essay
Benar
1
20
Salah
0
0
Total
30
100

Untuk jawaban Essay, bisa saja skornya 5, 10, 15 atau 20 tergantung dari kualitas jawaban reponden.

F.       PROSEDUR INTERPRETASI
1.    Tingkat kesulitan, Daya beda, dan Daya kecoh
Standar yang digunakan untuk menentukan tingkat kesulitan, daya beda, dan daya kecoh item yang baik atau tidak menggunakan standar dari Lisa (1995).
a.       Tingkat Kesulitan
Tingkat kesulitan setiap item tes haruslah seimbang atau sedang, dalam artian tidak terlalu sulit ataupun terlalu mudah. Hal inilah yang membuat bermutu atau tidaknya setiap item tes. Untuk mengetahui tingkat kesulitan item tes dikenal dengan istilah difficulty index (angka index kesulitan item) dalam dunia evaluasi belajar umumnya dilambangkan dengan huruf P (proporstion). Semakin rendah angka indeks kesulitan item (P’) yang dimiliki oleh sebuah item akan semkain tinggi tingkat kesulitan item tersebut, sebaliknya semakin tinggi angka indeks kesulitan item (P’) yang dimiliki oleh sebuah item, maka tingkat kesulitan item tersebut semakin rendah. Suatu item dinyatakan memiliki tingkat kesulitan yang baik apabila nilai P 0,3 sampai 0,7



b.      Daya Beda
Daya beda item adalah kemampuan sebuah item tes untuk dapat membedakan (mendiskriminasi) antara responden yang berkemampuan tinggi (pandai), dengan responden yang berkemampuan rendah (= bodoh). Jika sebuah item mempunyai daya pembeda soal yang baik maka responden yang pandai akan lebih banyak yang mampu menjawab soal dengan benar, sebaliknya responden yang berkemampuan rendah (bodoh) akan lebih sedikit yang mampu menjawab soal dengan benar. Suatu item dinyatakan memiliki daya beda yang baik apabila memiliki nilai D diatas 0,3. Apabila suatu item memiliki nilai negatif lebih baik diganti.

c.       Daya Kecoh
Analisis daya kecoh hanya dilakukan terhadap soal objektif pilihan ganda. Seperti sudah diketahui bahwa pada soal tipe pilihan ganda selain kunci jawaban juga disediakan pilihan lain yang bukan jawaban. Pilihan lain yang bukan merupakan kunci jawaban inilah yang disebut dengan pengecoh. Fungsi pengecoh pada setiap item adalah, agar dari sekian banyak responden yang mengikuti tes ada yang terkecoh atau terangsang untuk memilihnya, sebab mereka menyangka bahwa pengecoh yang mereka pilih itu merupakan jawaban betul. Semakin banyak responden yang terkecoh, maka pengecoh tersebut dapat dinyatakan pengecoh yang baik. Suatu pengecoh dinyatakan baik apabila pengecoh tersebut sekurang-kurangnya sudah dipilih oleh 5% dari kesluruhan responden.

2.    Validitas
Standar yang digunakan untuk menentukan tingkat validitas skala menggunakan standar dari Lisa atau Guildford (1995), tes dikatakan memiliki validitas yang baik jika memiliki nilai korelasi 0.3.
Koefisien Validitas
Interpretasi
0,80 - 1,00
Validitas sangat tinggi
0,60 - 0,80
Validitas tinggi
0,40 - 0,60
Validitas sedang
0,20 - 0,40
Validitas rendah
0,00 - 0,20
Validitas sangat rendah
< 0,00
Tidak valid

3.    Reliabilitas
Standar yang digunakan untuk menentukan tingkat reliabilitas tes menggunakan standar dari Lisa atau Guildford (1995), tes dikatakan memiliki validitas yang baik jika memiliki nilai korelasi 0.7.

Nilai
Tingkat Reliabilitas
0,80 – 1,00
Sangat tinggi
0,60 – 0,80
Tinggi
0,40 – 0,60
Sedang
0,20 – 0,40
Rendah


G.      HASIL TRY OUT
1.    Analisis item.
a.    Tingkat kesulitan
Pilihan Ganda
NO
Jml Betul
Tkt. Kesukaran (%)
Tafsiran
1
24
80
Mudah
2
8
26,67
Sukar
3
9
30
Sukar
4
10
33,33
Sedang
5
13
43,33
Sedang
6
10
33,33
Sedang
7
5
16,67
Sukar
8
12
40
Sedang
9
6
20
Sukar
10
5
16,67
Sukar
11
11
36,67
Sedang
12
26
86,67
Sangat Mudah
13
8
26,67
Sukar
14
8
26,67
Sukar
15
3
10
sangat Sukar
16
21
70
Sedang
17
23
76,67
Mudah
18
1
3,33
sangat Sukar
19
15
50
Sedang
20
10
33,33
Sedang
21
10
33,33
Sedang
22
6
20
Sukar
23
5
16,67
Sukar
24
19
63,33
Sedang
25
16
53,33
Sedang
26
4
13,33
sangat Sukar
27
1
3,33
sangat Sukar
28
9
30
Sukar
29
3
10
sangat Sukar
30
13
43,33
Sedang

b.    Daya Beda

Pilihan Ganda
NO
Kel. Atas
Kel. Bawah
Beda
Indeks DP (%)
1
7
6
1
12,5
2
5
1
4
50
3
4
2
2
25
4
3
3
0
0
5
3
3
0
0
6
4
2
2
25
7
2
0
2
25
8
5
1
4
50
9
2
0
2
25
10
0
0
0
0
11
5
5
4
50
12
8
8
1
12,5
13
1
1
-2
-25
14
2
2
1
12,5
15
1
1
0
0
16
8
8
3
37,5
17
8
8
4
50
18
1
1
1
12,5
19
5
5
2
25
20
4
4
3
37
21
4
4
3
37
22
4
4
4
50
23
1
1
0
0
24
5
5
1
12,5
25
6
6
4
50
26
1
1
1
12,5
27
0
0
0
0
28
5
5
5
62,5
29
2
2
2
25
30
5
5
3
37,5



c.    Daya Kecoh
Pilihan Ganda
NO
A
b
c
d
*
1
4--
0--
24**
2++
0
2
14--
5+
3-
8**
0
3
12-
9**
9+
0--
0
4
10**
6++
5+
9+
0
5
5++
2-
13**
10--
0
6
3-
4+
13--
10**
0
7
3-
17---
4-
5**
0
8
1--
12**
12--
5++
0
9
6**
7++
12+
5+
0
10
5**
1--
11+
12+
0
11
10-
5++
4+
11**
0
12
26**
1+
3---
0--
0
13
8**
17---
3-
2-
0
14
8**
14--
7++
1--
0
15
1--
4-
22---
3**
0
16
14+
21**
4+
1-
0
17
2++
3+
2++
23**
0
18
1**
12++
11++
6+
0
19
0--
2-
12---
15**
0
20
1--
10**
6++
13--
0
21
16---
1--
3-
10**
0
22
0--
4-
6**
20---
0
23
7++
5**
6+
12+
0
24
2+
4++
19**
5+
0
25
16**
8-
3+
3+
0
26
4**
6+
16--
4-
0
27
6+
1**
13+
9++
0
28
9**
7++
3-
10+
0
29
2--
9++
15-
3**
0
30
13**
7++
2-
7++
0

Keterangan:
** : Kunci Jawaban
++ : Sangat Baik
+  : Baik
-  : Kurang Baik
-- : Buruk
--- : Sangat Buruk

2.    Validitas tes

Pilihan Ganda
Correlations


BAB1
BAB2
BAB3
TOTAL
BAB1
Pearson Correlation
1
-,038
.579**
.745**
Sig. (2-tailed)

,844
,001
,000
N
29
29
29
29
BAB2
Pearson Correlation
-,038
1
,134
.573**
Sig. (2-tailed)
,844

,488
,001
N
29
29
29
29
BAB3
Pearson Correlation
.579**
,134
1
.756**
Sig. (2-tailed)
,001
,488

,000
N
29
29
29
29
TOTAL
Pearson Correlation
.745**
.573**
.756**
1
Sig. (2-tailed)
,000
,001
,000

N
29
29
29
29
3.    Reliabilitas tes
Pilihan Ganda
Nilai Reliabilitas Tes: 0,34
No. Subyek
Skor Ganjil
Skor Genap
Skor Total
1
6
7
13
2
4
5
9
3
5
6
11
4
5
5
10
5
3
2
5
6
4
4
8
7
9
5
14
8
3
6
9
9
5
5
10
10
3
5
8
11
7
4
11
12
6
5
11
13
6
6
12
14
4
2
6
15
2
3
5
16
3
5
8
17
4
8
12
18
5
7
12
19
4
6
10
20
5
8
13
21
8
2
10
22
7
11
18
23
6
7
13
24
6
6
12
25
4
2
6
26
4
9
13
27
7
7
14
28
7
6
13
29
4
4
8
30
6
4
10

ESSAY
Perhitungan realibilitas alpha cronbach dalam buku Lisa Friedenberg halaman 1995 :

 =  = 20
     =  = 243,3333
 = 15,599
                                                            k  = 5
                                                            N = 30
                                                α  =  
                            =  
                                                      = 1,
                                                     = 1,25 (1- 0,415068)
                                                α   = 0,731164 = 0,7

H.      PEMBAHASAN
Dari hasil try out soal tes mata pelajaran penjaskes kelas VIII/2, setelah dianalisis item tingkat kesulitan menggunakan program anates, didapat 1 item yang termasuk dalam kategori sangat mudah, 2 item termasuk dalam kategori mudah, 12 item termasuk dalam kategori sedang, 10 item termasuk dalam kategori sulit dan 5 item termasuk kedalam kategori sangat sukar. Sedangkan tingkat kesulitan dengan dikategori bak atau tidak baik yakni tingkat kesulitan dengan skor diantara 30%-70% (0,3-0,7) yaitu sebanyak 12 item yang termasuk kategori baik sedangkan 18 item masuk dalam kategori tidak baik, dengan artian masih tedapat beberapa soal bagi para siswa kesulitan untuk menjawabnya dan beberapa mudah untuk dijawab bagi siswa, sehingga soal tersebut tidak dapat menggambarkan prestasi siswa dan item yang tidak baik tersebut hendaknya diganti.
Daya beda  tes prestasi ini, terdapat 17 item yang termasuk dalam kategori daya beda yang baik, sedangkan 13 tem termasuk dalam daya beda tidak baik dan terdapat 1 item yang mendapat skor -25 yakni item nomor 13, daya beda yang minus hendaknya diganti. Pada daya beda item ini memang lebih banyak item yang daya bedanya baik, namun daya beda yang tidak baik hendaknya diganti agar dapat membedakan siswa yang masuk dalam kelompok bawah dan kelompok atas.
Daya kecoh pada tes prestasi ini, banyak pengecoh yang sudah baik. Rata-rata disetiap item terdapat daya kecoh yang baik, hanya 4 item yang tidak terdapat daya kecoh yang baik yakni di nomor 13, 15, 21 dan 22. Walaupun demikian tidak sedikit pula daya kecoh yang tidak baik, hampir di semua item terdapat daya kecoh yang tidak baik, kecuali pada  6 item tidak terdapat daya kecoh yang tidak baik, yakni pada nomor 4, 17, 17, 23, 24, dan 27. Agar daya kecoh baik, seharusnya daya kecoh yang tidak baik diganti agar dapat menjadi pengecoh yang baik.
Validitas soal tes ini dapat dikatakan baik, karena semua bab mendapat skor diatas 0,3 dengan menggunakan program SPSS. Bab 1 mendapat skor 0,745 dengan interpretasi validitas sangat tinggi, bab 2 mendapat skor 0,573 dengan interpretasi validitas sedang dan bab3 mendapat skor 0,756 dengan interpretasi validitas sangat tinggi.
Reliabilitas soal tes prestasi ini telah reliabel, hanya saja pada soal tes pilihan ganda hanya mendapat skor 0,34 menggunakan program Anates dalam artian reliabilitasnya rendah, sedangkan soal tes Essay mendapat skor 0,7 dalam artian reliabilitasnya sangat tinggi.

I.         KESIMPULAN
1.    Analisis item
a.       Tingkat kesulitan
Dari 30 item, 1 item yang termasuk dalam kategori sangat mudah, 2 item termasuk dalam kategori mudah, 12 item termasuk dalam kategori sedang, 10 item termasuk dalam kategori sulit dan 5 item termasuk kedalam kategori sangat sukar. Dengan tabel sebagai berikut:
Tingkat kesulitan
Nomor item
Total
Sangat mudah
12
1
Mudah
1 dan 17
2
Sedang
4, 5, 6, 8, 11, 16,19,20, 21, 24, 25, dan 30
12
Sulit
2, 3, 7, 9, 10, 13, 14, 22, 23, dan 28
10
Sangat sulit
15, 18, 26, 27, dan 29
5

b.      Daya beda
Dari 30 item, 17 item yang termasuk dalam kategori daya beda yang baik, sedangkan 13 tem termasuk dalam daya beda tidak baik. Dengan tabel sebagai berikut:
Daya beda
Nomor item
Total
Baik
2, 3, 6, 7, 8, 9, 11, 16, 17, 19, 20, 21, 22, 25, 28, 29, dan 30
17
Tidak baik
1, 4, 5, 10, 12, 13, 14, 15, 18, 23, 24, 26, dan 27
13

c.       Daya kecoh
Terdapat 4 item yang semua pengecohnya tidak baik, dan 6 item yang semua pengecohnya baik. Dengan tabel sebagai berikut:
Nomor item
Baik
Tidak baik

Nomor item
Baik
Tidak baik
1
a
a,b

16
a,c
d
2
a,b
c

17
a,b,c
3
c
a,d

18
b,c,d
b,c,d
4
b,c,d
 -

19
a,b
c
5
a
b,d

20
a,c
d
6
b
a,c

21
a,b,c
7
a,b,c
 -

22
a,b,d
8
a,c
d

23
a,c,d
 -
9
b,c,d
b,c,d

24
a,b,d
 -
10
c,d
b

25
c,d
b
11
b,c
a

26
a,d
c
12
b
c,d

27
a,c,d
13
b,c,d

28
b,d
c
14
c
b,d

29
b
a,c
15
a,b,c

30
b,d
c

2.    Validitas
Dari 3 bab kesemuanya valid. Dengan tabel dengan tabel:
Pokok bahasan
Koefisien
Iterpretasi
Bab 1
0,745
Validitas tinggi
Bab 2
0,573
Validitas sedang
Bab 3
0,756
Validitas tinggi

3.    Reliabilitas
Baik pilihan ganda maupum essay, keduanya reliabel hanya saja tingkat reliabilitasnya yang membedakan. Dengan tabel:
Jenis soal
Korelasi
Tingkat reliabilitas
PG
0,34
Rendah
Essay
0,7
Tinggi










DAFTAR PUSTAKA
Azwar, Saifuddin.2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Friedenberg, Lisa. 1995. Psychological Testing. Needham Heights: A Simon & Schuster  Company.






























LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial Lengkap Agar disetujui Daftar Google Adsense

Sejak membuat BLOGOOBLOK, ratusan sudah postingan yang saya buat. Tidak sedikit diantaranya membahas  Google Adsense . Ini menandakan...